Senin, 21 November 2011

LKS


Flowchart: Multidocument: LEMBAR KERJA SISWA
                    
3.1 Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul dengan     produk  kimia sehari – hari
Peserta didik dapat :
  1. Memahami konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari
  2. Memahami perkembangan teori atom,ion, dan molekul
  3. Mendefinisikan pengertian atom, ion, dan molekul
  4. Memberikan contoh tentang atom, ion, dan molekul
  5. Memahami konsep ion
  6. Memberikan contoh tentang kation dan anion
  7. Memahami konsep molekul
  8. Memberikan contoh tentang molekul
  9. Membedakan molekul unsur dengan molekul senyawa dengan menggunakan symbol
Waktu yang diperlukan untuk mendiskusikan tugas dan mempresentasikan produk diskusi adalah 40 menit.
Peralatan
Bahan
No.
Nama Peralatan
No
Nama Bahan
1.
Gelas
1.
Gula Pasir
2.
Alat uji elektrolit
2.
Selembar kertas putih
3.
Kabel
3.
Butiran pewarna


4.
Baterai 1,5 volt


5.
Garam dapur


6.
Lampu kecil 1,5 watt


7.
Air


8.
Cuka

Pada pembahasan sebelumnya telah diketahui bagaiman konsep atom, ion dan molekul yang kesemuanya saling berkaitan sebagai salah satu contoh dalam hal ini produksi gula pasir.  Kita bayangkan bahwa satu sendok gula pasir tersusun dari butiran-butiran kecil gula. Jika satu sendok gula tersebut dilarutkan dalam air maka gula tersebut akan larut, partikel gula tersebar ke dalam air dengan ukuran yang sangat kecil sehingga tidak dapat disaring bahkan tidak dapat dilihat oleh mata. Meskipun berubah menjadi partikel yang ukurannya sangat kecil sifat gula tidak hilang. Partikel kecil dari gula masih mempunyai sifat sama dengan gula pasir yang disebut molekul gula. Partikel terkecil penyusun materi dapat berbentuk atom, ion dan molekul.
Sehingga dapat kita simpulkan bahwa atom merupakan bagian terkecil dari suatu unsur, dan molekul merupakan partikel terkecil dari suatu senyawa yang tersusun dari dua atom atau lebih. Molekul yang tersusun dari atom-atom yang berbeda dinamakan molekul senyawa. Molekul yang tersusun dari atom-atom yang sama dinamakan molekul unsur. Sedangkan ion merupakan kumpulan atom-atom yang bermuatan listrik, ion dapat bermuatan positif (kation) dan bermuatan negatif (anion)
o   Masukkan gula pasir ke dalam gelas
hingga penuh.
o   Kemudian pandanglah gula pasir tersebut dari jarak dekat hingga kamu dapat melihat butirannya dengan jelas sampai jarak tertentu hingga kamu hanya melihat padatan putih saja.
o   Rangkaikan baterai, kabel dan lampu menjadi alat uji elektrolit.
o   Siapkan 4 gelas, beri label A, B, C, dan D.
o   Isi keempat gelas tersebut dengan air sebanyak setengah tinggi gelas.
o   Masukkan satu sendok gula ke dalam gelas A, aduk hingga larut.
o   Masukkan satu sendok garam dapur ke dalam gelas B, aduk hingga larut.
o   Masukkan satu sendok cuka pasar ke dalam gelas C, aduk.
o   Ujilah daya hantar listrik keempat isi gelas tersebut.
o   Amati nyala lampu yang dihasilkan.

A.     Hasil Pengamatan
Tulislah hasil pengamatan pada tabel berikut :

NO
GELAS
ISI
NYALA LAMPU
1
A
Larutan gula
…….
2
B
Larutan garam
…….
3
C
Laritan cuka
…….
4
D
Air
…….

Kesimpulan dan Analisis
1.      Larutan manakah yang mengandung ion ?
2.      Larutan manakah yang tidak mengandung ion ?
3.      Jelaskan hubungan antara jumlah ion dengan nyala lampu ?

B.     Jawablah dengan singkat :
1.      Air tersusun dari atom ……. dan ……..
2.      Garan dapur tersusun dari atom : ……..
3.      Karbon dioksida tersusun dari atom : …….
4.      Gula tersusun dari atom : …….
5.      Asam sukfat tersusun dari atom : …….
6.      Alkohol tersusun dari atom : …….
7.      Asam cuka tersusun dari atom : …….
8.      Soda kue tersusun dari atom : …….
9.      Soda api tersusun dari atom : …….
10.  Amoniak  tersusun dari atom : …….




Tidak ada komentar:

Posting Komentar